Friday, August 28, 2009

RESEP BANDENG PRESTO



TRISTAR KURSUS HOME INDUSTRI

Menyediakan kursus aneka makanan, bandeng presto, pepes bandeng, ayam tulang lunak, ayam kremes, ayam fried chicken, chicken nugget, fast food ala hoka-hoka bento, mie, bakso sapi, bakso ikan, bakso seafood, ice cream cone, ice cream yoghurt, es puter tradisional, aneka minuman dalam kemasan, syrup, sambal, dll.

Hubungi: 021-70288024, 081905686676

Resep Bandeng Presto menggunakan Mesin Presto Industry.

Resep Bandeng Presto menggunakan Mesin Presto Industri.Cara Membuat Bandeng PrestoProses Pengolahan Bandeng Presto.

Hal yang diperlu diperhatikan pada pembuatan Bandeng Presto adalah pemilihan bahan bakunya. Ada beberapa jenis bandeng yang bisa kita peroleh di pasar, Cara memilih bandeng presto untuk industri Bandeng Presto:
1. 100% bau tanah, bandeng ini pada saat dimasak sudah tercium bau tanahnya.
2. 50% bau tanah, bandeng ini saat dimasak belum tercium bau tanahnya, tetapi pada saat dimakan baru terasa bau tanah.
3. Bandeng yang tidak berbau tanah, bandeng jenis ini yang bagus untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan banding presto. Ciri ciri khususnya adalah sbb: punggung bandeng bewarna hitam, bibir bandeng bewarna kemerahan.

Selain itu, kita harus memilih bandeng yang kondisinya bagus & masih segar, Ciri cirinya adalah sbb:
1. Bau Bandeng masih terasa segar, khas bau ikan.
2. Sisik Masih utuh, melekat kuat, tidak terkelupas, tertutup lender bening.
3. Mata/kornea bening & agak menonjol/cembung.
4. Insang berwarna merah sampai merah tua, cemerlang, tidak berbau.
5. Kulit cemerlang, warnanya kontras & tidak pudar.
6. Daging masih elastis, apabila ditekan segera kembali.

Bumbu yang diperlukan untuk Resep Bandeng Presto:
Bawang Putih 20 siung
Bawang merah 10 siung
Ketumbar 1 sendok makan
Kemiri 20 butir
Garam 5 sendok makan
Bumbu masak/Vitsin secukupnya
Kunyit secukupnya
Pewarna Makanan Kuning secukupnya
Semua Bumbu ini diblender sampai halus.

Cara Pengolahan:
Siapkan bandeng segar yang telah dibersihkan isi perutnya, tetapi tidak dibersihkan sisiknya. (Kita tidak dapat memproduksi bandeng presto yang tanpa sisik, karena apabila sisiknya dihilangkan maka apabila dipresto bandeng tersebut akan hancur).
Letakkan Ikan Bandeng di talenan. Pengang Bandeng dengan arah Kepala disebelah kiri dan punggung dibawah. Potong Melintang +- 3Cm dari ekor, potong sampai terasa kena tulangnya, kemudian tarik pisau /dikerat membelah punggung sampai kepala bandeng.
Masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalam bandeng yang telah dibelah. Lumuri semua permukaan bandeng sampai tertutup bumbu.
Letakkan Bandeng yang telah diberi bumbu ke loyang bulat yang berlubang lubang, susun bandeng dengan cara berselang seling (kepala-ekor, ekor-kepala)
Siapkan Mesin Presto Industri, isi dengan air sampai kira kira 2cm di bawah loyang yang paling dasar, beri bumbu penyedap: Jahe, Laos, sereh & daun Jeruk purut.
Susun Loyang yang sudah berisi bandeng, dengan pembatas bambu, sampai presto ¾ penuh.
Presto Bandeng sampai durinya lunak.

Tips Memilih & Cara Penggunaan Mesin Presto Industri :

Untuk memproduksi Bandeng Presto yang hasilnya maksimal, perlu memilih mesin presto industry yang terbuat dari stainless steel tebal & kuat, karena kita memerlukan tekanan yang besar, agar tulang bandeng bisa lunak. Mesin Presto industry yang bagus dilengkapi dengan pengaman, jadi apabila tekanan presto melebihi dari yang ditentukan otomatis pengaman akan terbuka & uap air yang berlebihan bisa keluar secara otomatis. Mesin Presto yang tidak dilengkapi dengan pengaman sangat berbahaya, karena resikonya bisa meledak.
2. Pada saat Pemasangan Tutup presto, pastikan karet presto sudah tepasang rapi & benar pada tempatnya. Pemasangan karet presto yang salah akan mengakibatkan presto tidak rapat & uap air akan keluar/ngobos sehingga tekanan yang kita harapkan tidak tercapai.
3. Karet presto yang sudah dipakai berulang ulang bisa rusak & tidak elastis lagi. Sehingga proses tidak sempurna. Untuk itu secara berkala kita harus mengganti karet presto yang telah mati.
4. Pada Saat memasak memakai Presto Industry, api yang digunakan harus besar. Sehingga tekanan presto yang kita harapkan bisa cepat tercapai. Sehingga Hasil Bandeng presto bisa bagus.
5. Pada saat membuka katup uap untuk menurunkan tekanan, uap dikeluarkan secara perlahan lahan, apabial terlalu cepat akan menyebabkan Bandeng menjadi hancur.
6. Setelah Bandeng dikeluarkan dari presto, diangin anginkan dalam ruangan yang steril & dingin (ber AC) sampai permukaan bandeng kering. Setelah itu baru dikemas memakai Mesin Pengemas Vaccum.
7. Plastik yang digunakan untuk mengemas bandeng presto, adalah plastic jenis Nylon yang tebal. Plastik Nylon adalah plastic yang elastis & tidak berpori, sehingga tidak mudah robek, selain itu karena tidak berpori, maka makanan yang tersimpan didalamnya akan lebih panjang masa simpannya.
8. Agar bentuk bandeng bisa bagus dan rapi, bagian alas bawah plastic bisa diberi karton.
9. Apabila menginginkan produk yang tahan lama, pada saat pengolahan bisa ditambahkan bahan pengawet jenis Premium HQ/Potassium Sorbat. Kadar maximum yang diperbolehkan adalah 1 gr/ kg bahan yang diawetkan. Penambahan bahan pengawet ini bisa dicampurkan pada bumbu yang diblender.

Hubungi Tristar Machinery di no: 021-70288024 dan 0819-05686676 untuk mendapatkan Presto Industri.

No comments:

Post a Comment